Sekilas Cara Menghilangkan Komedo




Siapa yang tidak menginginkan wajahnya terlihat putih bersih tanpa noda sedikitpun. Apalagi bagi kaum wanita, hal ini tentu sangat diinginkan bagi semua orang. Dengan wajah yang bersih dan terlihat cantik tentu akan membuat kita lebih pede saat beraktifitas disekitar orang lain apalagi didekat orang yang kita sayangi.



Namun terkadang permasalahan muncul di wajah. Munculnya komedo dapat membuat kulit wajah terlihat kusam dengan bintik-bintik hitam yang menghiasinya. Membuat wajah tampak tidak cantik. Untuk itu perlu dilakukan perawatan terhadap komedo yang muncul di wajah kita. Namun sebelum melakukan perawatan komedo ada baiknya kita mengenali 2 jenis komedo terlebih dahulu.



Pertama adalah komedo yang terbuka (blackhead). Komedo jenis ini terlihat seperti pori-pori kulit wajah yang membesar dan terbuka kemudian menghitam karena teroksidasi oleh urada.



Jenis komedo kedua adalah komedo tertutup (whitehead). Memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil di bawah kulit. Setelah mengenal 2 jenis komedo di atas sekarang bagaimana perawatan yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa perawatan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi komedo.






1. Hindari penggunaan jenis kosmetik yang mengandung minyak dan krim yang dapat meningkatkan terjadinya komedo.



2. Tempatkan wajah anda di atas mangkuk mendidih yang beruap. Dengan mengapi wajah anda setiap seminggu sekali. Untuk hasil maksimal lakukan dengan menutup kepala anda dengan handuk kemudian scrubbing dengan madu dan gula. Cara ini dapat melembutkan kulit anda sekaligus menghilangkan komedo.



3. Pengelupasan merupakan cara yang paling baik untuk mengangkat kulit mati. Dengan begitu akan mengurangi kulit mati yang menutupi kulit. Lakukan pengelupasan/scrubbing secara rutin.



4. Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak ada baiknya anda mencoba masker yang berbahan tanah liat. Hal ini guna menyerap kandungan minyak yang ada di wajah. Pilih masker yang tidak mengandung mint atau pappermint atau bahan penyebab iritasi lainnya.



5.
Buat masker pembasmi komedo sendiri dengan mencampurkan air jeruk nipis, minyak almond dan gliserin. Oleskan ke wajah selama beberapa menit, hal ini tidak akan menghilangkan komedo namun mengurangi bintik hitam di wajah.



6. Lembabkan wajah anda dengan menempelkan handuk hangat selama beberapa menit setiap malam. Ini dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di wajah.



7. Oleskan madu pada kulit yang berkomedo. Madu dapat membantu mengangkat komedo sekaligus sebagai pelembab kulit. Setelah itu cuci bersih wajah anda.




Demikianlah cara menghilangkan komedo yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. 


________________
<< || Semoga bermanfaat || >>

No comments:

Post a Comment